Selasa, 08 Juni 2010

Aplikasi Client/Server Dengan Delphi & Database MySql Dengan Komponen ADO,

posted : [07/06/2010, 15:47:03]
kategori : [member_artikel]
author : [yOko Satria]
Seringkali mahasiswa yang mengambil tugas akhir dengan tema judul skripsinya "Client/Server" terkadang mengalami permasalahan dalam merelasikan antara apliksi client dan aplikasi server. Di Sini saya akan memberikan pengetahuan saya, Bagaimana Seh membuat aplikasi client/server khusunya memakai delphi. Saya memekai delphi 7 Loh. CaraNya :
1. Buat Aplikasi Baru pada Delphi, Kita namakan SERVER.EXE, UnitNya kita namakan USERVER dan FormNya FSERVER. Simpan Project kita ini. Kemudian Tambahkan RDM (Remote Data Module) dengan mengklik File --> New --> Other. Pilih Tab Multitier --> RemoteDataModule. Isikan CoClassName-Nya. Semisal RDMSERVER, Simpan Unitnya dengan nama URDMSERVER.
2. Tambahkan Komponen ADOConnection (Tab ADO), DataSetProvider (DataSnap) dan Query pada Remote Data Module ini. Relasikan antara ketiga komponen tersebut !
3. Buat Aplikasi Baru pada Delphi, Kita namakan CLIENT.EXE, UnitNya kita namakan UCLIENT dan FormNya FCLIENT. Simpan Project kita ini. Kemudian Tambahkan DM (Data Module) dengan mengklik File --> New --> DataModule.
4. Tambahkan Komponen DCOMConnection, ClientDataSet dan DataSource pada Data Module ini. Relasikan antara ketiga komponen tersebut !
5. Bersambung !!!!

Terima KAsih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar